Untuk lebih meningkatkan kemampuan dasarnya kembali maka Relabaik mengadakan Diklatsar  Managemen Bencana yang diadakan di Lembaga Al Islam, Kampung Sawah, Jati Melati, Bekasi. Acara yang melibatkan sekitar 34 orang ini berjalan dengan baik dan lancar. Acara berlangsung pada Hari Sabtu- Ahad, 14 -15 Maret 2020.

Acara yang dimulai semenjak  Sabtu malam ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dasar  relawan dalam hal penyelamatan serta managemen dasar penanganan bencana. Acara yang mengundang Bang Faris Ketua  SAR Fkam ini menyajikan berbagai informasi menarik seputar penyelamatan bencana dimana beliau ialah relawan yang sarat pengalaman dengan berbagai sertifikasi pendidikan yang kompeten serta materi penyajian yang penuh dengan humor ringan.

Setelah pembukaan dan sambutan yang diawalai dengan Ketua Umum Relabaik  yaitu Kang Aang Suganda dimana beliau berharap program ini mampu meningkatkan kemampuan para relawan dalam menangani bencana yang terjadi lebih bagus lagi.

Dengan mengikuti kegiatan ini berharap para anggota Komunitas Relabaik akan lebih meningkat ketrampilannya lagi dan mampu menangani bencana berdasarkan panduan SOP yang ada, agar dapat meningkatkan pelayanan lebih baik lagi kepada masyarakat,” ungkapnya.

Lalu motivasi kegiatan yang diberikan oleh Founder lembaga yaitu Ustad Lukman Hakim,Lc dimana beliau terus mendorong  untuk selalu semangat dalam memberikan layananan karena hal ini juga bisa berefek kepada amal akhirat.

Dengan metode yang baik akan meningkatkan kemampunan dari setiap kegiatan serta  dengan landasan niat yang baik maka tujuan akhirat juga akan didapatkan  dan beharap para relawan tetap selalu semangat dalam menjalankan berbagai tugas kemanusiaan yang diembannya,” jelasnya.

Dilanjutkan dengan acara inti dimana Bang Faris banyak menceritakan kisah nyata beliau yang turun tangan memberikan bantuan ke berbagai deerah bencana di Indonesia, sehingga apa yang diberikan bisa langsung riil berhubungan dengan kasus nyata. Beliau juga mengadakan praktek langsung seperti penyelamatan korban tengelam serta  korban terluka.

Beliau memberikan materi menjadi 5  bagian dimana tiap materi memberikan pembelajaran yang berbeda dari yang umum sampai yang teknis seperti pengoperasiaan HT dalam bencana. Materi tentang  Management Bencana seperti penanganan sebelum bencana, bencana dan pasca bencana merupakan kajian yang diulas secara mendalam,

Dalam Diklat ini banyak tips-tips seputar kerelawanan yang diberikan, dimana salah satu peserta yaitu Bang Karlim yang sering turut aksi kemanusiaan mengakui manfaat  langsung yang besar setelah mengikuti diklat ini untuk bertindak sesuai dengan SOP penyelamatan.

Diklat ini juga diikuti oleh beberapa  mahasiswa  Lembaga Al Islam semester empat dimana harapannya selain dengan ilmu keagamaan yang dimilik mereka mendapatkan ilmu kerelawanan lapangan. Dalam kuliah subuh Ahad pagi materi diberikan oleh Ustadz Somad dimana beliau  juga  seorang Relawan Kesehatan dari Lembaga Hilal Ahmar banyak yang banyak berperan dalam tugas kemanusiaan.

Sang Ustadz menjelaskan peran akhirat sebagai motivasi dalam bertindak serta jangan lupakan niatan yang lurus ikhlas agar segala tindakan kemanusiaan  yang dilakukan  mendapakkan Ridho dari Allah subhanwataala.

Aksi yang ditutup pada pukul 14.00 WIB ini juga memberikan Sertifikat Relawan serta suvenir kenangan  gelas yang diberikan langsung oleh Ketua Pelaksana yang juga Koordinator Wilayah Relabaik Tambn Bekasi yaitu Kang Praytino Edi. Dalam uraiannya yang sekaligus menutup acara beliau memaparkan peran lembaga kedapannya yang haruslah lebih baik lagi setelah mengikuti pelatihan ini.

Semoga semua Relawan Kebaikan yang ikut dalam Diklat ini dapat bekerja dalam menangani bencana lebih baik lagi, dan berharap dapat mengikuti berbagai pelatihan lanjutan agar kemampuan relawan bisa  meningkat kembali,”ungkapnya.

Dan sesi berakhir dengan foto bersama  dimana  Komunitas Relabaik rencannya akan menggelar diklat lanjutan yang tujuannya lebih menjadikan lembaga ini mempunyai kompetensi lebih bagus lagi.

Terima kasih kepada Lembaga SalamCare Indonesia, Amanah Aqiqah Saebur yang telah mensupport kegiatan ini

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *